Komunitas Mangrove Bengkulu

Selasa, 09 Agustus 2016

Menanam Mangrove Sejak Dini

Menanam pohon salah satu bentuk kepedulian kita terhadap lingkungan dan alam, menanam pohon juga bukan hanya sekedar seremonial saja setelah pohon tertanam tidak ada lagi pemantauan dan perawatan sebab jika menanam hanya sebatas seremonial kita tidak akan mengetahui apakah tanaman kita itu dapat beradaptasi dengan lingkungannya atau tidak bahkan kita tidak mengetahui jika tanaman tersebut mati atau hidup. Menanam pohon dapat memberikan energi positif tersendiri bagi kita karena pohon yang kita tanam dan rawat tersebut akan memberikan manfaat bagi lingkungan kita.
Dua anak Kecil Sedang Menanam Ceriops spp di Muara Jenggalu
 Tidak banyak orang yang senang menanam pohon apa lagi pohon mangrove mungkin karena tidak punya waktu luang untuk melakukannya karena tidak sedikit pula orang yang mau bergabung untuk turut menanam mangrove walaupun belum sampai merawatnya (perawatan tanaman tidak setiap hari looh, bisa seminggu sekali atau 2 minggu sekali), dalam hal ini Komunitas Mangrove Bengkulu mengajak kepada Volunteer tidak hanya sekedar menanam saja tetapi sampai keperawatan tanaman melalui kegiatan monitoring 3 bulan sekali.

Salah satu Anak Ikut penanaman bersama Jemaat Gereja Katolik Kota Bengkulu
Seperti yang dibahas sebelumnya menanam pohon harus dilandasi dengan jiwa kepedulian dan rasa tanggung jawab, dalam hal ini Komunitas Mangrove Bengkulu berupaya menanamkan jiwa tersebut kepada anak-anak sejak usia dini, hal apa saja yang disampaikan kepada anak-anak. Apa manfaat dan mengapa kita harus menanam dan menjaga Hutan Mangrove, karena hutan mangrove dapat menjaga pemukiman dari terjangan badai angin laut, menahan abrasi pantai yang mengancam rumahnya hutan mangrove juga merupakan rumah bagi satwa liar dan biota laut serta satu pohon dapat menyumbangkan oksigen untuk dua orang. Dan tak lupa kita sampaikan kepada mereka "Butuh puluhan tahun tanaman yang kita tanam tersebut dapat menahan gelombang pasang dan abrasi pantai, hanya 5 menit saja orang dapat menebang pohon Mangrove" itulah kenapa kita perlu menjaga dan melestarikan hutan mangrove. "Menanamlah Seblum Ditanam Rawatlah Seblum Terlambat"
                                                                                                         
Komunitas Mangrove Bengkulu 10 Agustus 2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar