Pengenalan Mangrove dan Habitatnya Serta Metode Penanaman Mangrove

Pengenalan Mangrove dan Habitatnya serta metode penanaman mangrove di Bengkulu ini di lakukan untuk memperkenalkan kepada Mahasiswa, Siswa, dan Volunteer guna menambah wawasan mereka mengenai Mangrove itu sendiri karena masih banyak juga yang belum begitu kenal dengan Mangrove. Salah satu kegiatan ini juga masuk kedalam Visi dan Misi Komunitas Mangrove Bengkulu yaitu tentang Pendidikan Mangrove. Dalam Kegiatan ini di ikuti oleh beberapa lembaga yaitu MAPETALA UNIB (Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Bengkulu), Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Bengkulu dan Sahabat Walhi Bengkulu serta Volunteer Komunitas Mangrove Bengkulu. Pengenalan ini juga salah satu rangkaian kegiatan penanaman mangrove yang akan di laksanakan bersama di Muara Sungai Hitam tanggal 14 maret 2015. 
Sebelum pengenalan habitat dan jenis-jenis mangrove yang ada di TWA Pantai Panjang dan Pulau Baai terlebih dahulu pengenalan mangrove secara teori di dalam ruangan. 

Adapun Materi yang di berikan adalah: 
* Pengenalan Habitat Mangrove, 
* Tipe-tipe Vegetasi Mangrove 
* Jenis-Jenis mangrove 
* Metode Penanaman Mangrove. 
Menuju Lokasi Hutan Mangrove


setelah materi ruang selanjutnya pengenalan habitat mangrove dan jenis-jenisnya tampak disamping salah satu anggota Komunitas Mangrove Bengkulu sedang menjelaskan buah dari Jenis-Jenis Mangrove kepada anggota MAPETALA UNIB, SAWA (Sahabat Walhi Bengkulu) dan GMKI Cabang Bengkulu.




Mengenal Mangrove


Dalam pengenalan mangrove dan habitatnya ini banyak dari kawan-kawan yang baru pertama kali masuk kedalam hutan mangrove sekaligus belajar pengenalan jenis dan karakteristik mangrove itu sendiri baik dari tipe-tipe perakaran dan bentuk buah mangrove. 
Anak SMA salah Satu Sahabat Walhi Menanam Propagul















Anggota MAPETALA UNIB 
bukan hanya itu saja mereka juga dikenalkan jenis-jenis Substrat (media tumbuh) mangrove yang ada di TWA Pantai Panjang mulai dari substrat lumpur hasil sedimentasi yang tinggi hingga yang berpasir.
melihat Substrat Sedimentasi









setelah serangkaian kegiatan pengenalan selesai selanjutnya pengunduhan propagul (Buah) Rhizophora apiculata untuk memnuhi kebutuhan penanaman nanti, pengunduhan ini dilakukan di lantai hutan mangrove, jumlah propagul yang terkumpul sebanyak 1000 buah. sebelum penanaman propagul tersebut di rendam terlebih dahulu kedalam ember guna menjaga buah supaya tidak layu dan bisa merangsang pertumbuhan akarnya.
Berfoto bersama setelah usai kegiatan




Salam Mangrove...!





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Olahan Buah Mangrove Jenis Pidada Merah (Sonneratia caseolaris) dan Pidada putih (Sonneratia alba)

Ulat Keket Pemakan Daun Rhizophora apiculata

Langkah-Langkah Pembibitan Pidada Merah Sonneratia caseolaris oleh Komunitas Mangrove Bengkulu