Komunitas Mangrove Bengkulu

Minggu, 18 Mei 2014

Mangrove Lestari, Lingkungan Asri, Masyarakat Pesisir Madani

Pada Peringatan Hari Lingkungan Hidup 5 Juni 2014 Komunitas Mangrove Bengkulu akan mengadakan Penanam mangrove dengan jenis Rhizophora apiculata sebanyak 2000 bibit lokasi penanaman ini akan dilakukan di Pondok Besi, penanaman ini untuk keempat kalinya penanaman  dilokasi ini pertama kali penanaman pada awal bulan September 2013 hal ini dilakukan untuk melihat apakah di lokasi ini Rhizophora apiculata bisa tumbuh atau tidak alhamdulillah ternyata tumbuh satu kebanggaan selanjutnya pada bulan Oktober 2013 kita melakukan penanam kedua, penanaman ketiga kali dilakukan pada Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia Komunitas Mangrove Bengkulu kembali menanam 1000 bibit Rhizophora apiculata, 90 % yang di tanam hidup, namun satu kesedihan yang mendalam kawan-kawan komunitas mangrove bengkulu adalah adanya satu gangguan yang mengakibatkan 50 % tanaman mati. Namun semangat kita tidak luntur sampai disini saja kita bertekat suatu saat yang kita lakukan ini ada hasilnya amin. Walaupun ada anggapan yang kita lakukan adalah tindakan bodoh ataupun anggapan gila sekalipun.
foto tanaman dipondok besi
Tema yang diangkat Pada Hari Lingkungan Hidup 5 Juni 2014 adalah (Mangrove Lestari, Lingkungan Asri, Masyarakat Pesisir Madani). Satu harapan besar dari kalimat tersebut  adalah dengan lestarinya mangrove yang ada di Bengkulu dan menjaga lingkungan hingga tercipta lingkungan yang asri sehingga tercipta masyarakat pesisir yang madani. Masyarakat Pesisir yang Madani adalah suatu harapan besar pada saat ini, masyarakat yang peduli antar sesama manusia, lingkungan mereka serta sadar akan bahaya mengancam masyarakat pesisir dengan menanam merawat, menjaga, pohon-pohon cemara, nyamplung atau ketapang serta mangrove. 

Namun Kegiatan yang akan dilakukan bukan hanya penanaman saja akan tetapi ada juga kampanye dan sosialisasi kepada masyarakat.

Salam Mangrove....!! Salam Hijau...!!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar