Komunitas Mangrove Bengkulu

Sabtu, 04 Januari 2014

Sisa Kejayaan Mangrove Jenggalu

Muara Jenggalu merupakan salah satu bentangan Mangrove yang tergolong luas di kawasan pesisir Bengkulu. Sebahagian besar (115.53 Ha dari 193.44 Ha mangrove yang tersisa di Kota Bengkulu) berada di Kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Pantai Panjang Pulau Baai Kota Bengkulu. Konversi habitat menjadi salahsatu ancaman terbesar, mengingat pengurangan luas mangrove terus saja terjadi dari tahun ke tahun. Meskipun berada didalam Kawasan Konservasi namun kerusakan terbesar malah terjadi di dalamnya.
Mangrove Muara Jenggalu. Foto: Regen

Walaupun demikian, Mangrove Jenggalu masih menyisakan sedikit kejayaan. Formasi Hutan Mangrove masih bisa terlihat samar melawan laju deforestasi. Bagian terluar masih dijumpai formasi barisan Sonneratia sp dan formasi Rhizophora sp , bagian yang lebih dalam terdapat pula Bruguiera sp.dan beberapa spesies mangrove sejati dan ikutatan lain. Di beberapa titik terbentuk spot kecil membuat sebuah komunitas mangrove yang terpisah satu dengan yang lain.



Setidaknya terdapat 7 delta yang membentuk komunitas mangrove yang terus bersuksesi. Delta yang terbentuk dari hasil sedimen ini merupakan salahsatu lokasi yang masih sedikit aman dari keserakahan manusia, walau dua diantaranya telah beralih fungsi menjadi Lapangan Golf dan kerambah ikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar